img_head
BERITA

Demi Terwujudnya Manajemen Peradilan Yang Sesuai Standar Akreditasi Penjaminan Mutu, Pengadilan Tinggi Banda Aceh Lakukan Pembinaan Dan Asesmen Di Pengadilan Negeri Meulaboh

Des02

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 76 Kali


Rabu (24/11/2021) - Pengadilan Negeri Meulaboh menerima kunjungan dari Tim Pengawasan Pengadilan Tinggi Banda Aceh, dalam rangka pembinaan, pengawasan, dan surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Rombongan yang dipimpin langsung oleh Yang Mulia Wakil Ketua Pengadilan Tinggi (WKPT) Banda Aceh, yaitu Bapak H. Ahmad Shalihin, S.H., M.H., serta Tim Asesor yang diketuai oleh Bapak Moch. Zaenal Arifin, S.H., dengan beranggotakan:

1. Merrywati TB., S.H., M.H.

2. Ramli Rizal, S.H., M.H.

3. Laila Bahtra Husein, A.Md.

4. Sigit Pramono Ginting, A.Md.T.

Tujuan dilaksanakannya asesmen ini adalah untuk menentukan Akreditasi Pengadilan Negeri Meulaboh, untuk melihat interaksi dan implementasi dari kebijakan, sasaran dan prosedur termasuk pencapaiannnya, serta untuk mengkonfirmasi bahwa sistem manajemen sesuai dengan semua persyaratan Standar Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri.

Kegiatan dimulai dengan Opening Meeting pada pukul 09.00 WIB di ruang Sidang Sari Pengadilan Negeri Meulaboh. Dalam sambutannya, Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Meulaboh Bapak Muhammad Kasim, S.H., M.H. mengucapkan selamat datang kepada Tim Asesor Akreditasi Penjaminan Mutu dari Pengadilan Tinggi Banda Aceh, beliau juga menyampaikan kondisi dan formasi aparatur Pengadilan Negeri Meulaboh, serta perkara yang sudah dan yang sedang ditangani di Pengadilan Negeri Meulaboh.

Sementara itu, dalam sambutan sekaligus pembinaan oleh Yang Mulia Wakil Ketua Pengadilan Tinggi (WKPT) Banda Aceh, Bapak H. Ahmad Shalihin, S.H., M.H., beliau menyampaikan bahwa tujuan dari asesmen ini bukanlah untuk mencari kesalahan, melainkan untuk perbaikan bagi Pengadilan Negeri Meulaboh. Beliau juga mengingatkan bahwa kerja sama antara pimpinan dengan jajarannya sangat diperlukan, semua bagian itu adalah penting, ibaratkan sebuah mesin, tanpa adanya satu komponen, maka tidak akan bisa jalan. Pengadilan tanpa Juru Sita tentu tidak akan bisa jalan, kalau hanya Hakim saja tanpa Panitera Pengganti maka persidangan tidak akan berjalan. Jadi jangan meremehkan satu jabatan, semuanya adalah penting.

Selama berada di PN Meulaboh, Tim Asesor melaksanakan asesmen kepada setiap bagian, dimulai dari Pimpinan, Hakim, Kepaniteraan, Kesekretariatan, hingga ke bagian pelayanan. Kegiatan ini dilaksanakan guna menilai kualitas penyelenggaraan suatu Pengadilan, serta memastikan manajemen peradilan menuju Indonesia Court Performance Excellence (ICPE) yang telah dicanangkan oleh Badan Peradilan Umum berjalan dengan baik.

Setiap rangkaian kegiatan yang telah dilakukan, ditutup dengan kegiatan Closing Meeting pada pukul 20.30 WIB. Dalam kegiatan ini, Bapak Moch. Zaenal Arifin, S.H. selaku Ketua Tim Asesor membacakan laporan hasil asesmen yang telah dilakukan, serta menyerahkannya kepada Ketua PN Meulaboh.

  • Galeri