img_head
BERITA

Kegiatan Pengawasan dan Assessment Sertifikasi Mutu Pengadilan Unggul dan Tangguh (AMPUH) dan Zona Integritas Oleh Pengadilan Tinggi Banda Aceh

Mei29

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 147 Kali


Rabu (29/05/2024) – Pengadilan Negeri Meulaboh menerima kunjungan tim Pengadilan Tinggi Banda Aceh, dalam rangka melaksanakan pengawasan dan assessment sertifikasi mutu pengadilan unggul dan tangguh (AMPUH) dan zona integritas. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Bapak H. Makaroda Hafat, S.H., M.Hum., selaku Ketua Tim, dengan beranggotakan:

  1. Kamaludin, S.H., M.H.
  2. Munawar, S.T.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk melihat kembali penerapan Sertifikasi Mutu Pengadilan Unggul dan Tangguh (AMPUH) Pengadilan Negeri Meulaboh, untuk melihat kembali proses kerjasama dan sinergitas dalam penerapan AMPUH Pengadilan Negeri Meulaboh, serta merekomendasikan kembali penilaian AMPUH Pengadilan Negeri Meulaboh.

Kegiatan dimulai dengan opening meeting pada pukul 09.00 WIB, yang dilaksanakan di ruang sidang sari Pengadilan Negeri Meulaboh. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Meulaboh, Bapak Faridh Zuhri, S.H., M.Hum. mengucapkan selamat datang kepada  tim assessment AMPUH dari Pengadilan Tinggi Banda Aceh, kedatangan tim ini sejatinya bukan untuk mencari kesalahan, melainkan untuk melakukan perbaikan terhadap kinerja Pengadilan Negeri Meulaboh untuk kedepannya. Hal senada juga disampaikan oleh Bapak H. Makaroda Hafat, S.H., M.Hum., yang juga merupakan Hakim Tinggi Pengawas Daerah, bahwa kegiatan pengawasan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperbaiki diri terhadap kepatuhan pelaksanaan kegiatan agar sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Selama berada di Pengadilan Negeri Meulaboh, Tim Asesor melaksanakan asesmen kepada setiap bagian, dimulai dari Pimpinan, Hakim, Kepaniteraan, Kesekretariatan, hingga bagian palayanan.

Setelah selesainya seluruh rangkaian kegiatan, ditutup dengan closing meeting pada pukul 16.00 WIB. Dalam kegiatan ini, Bapak Kamaludin, S.H., M.H. selaku Assesor membacakan laporan hasil assessment yang telah dilakukan. Laporan tersebut diserahkan kepada Ketua Pengadilan Negeri Meulaboh oleh Ketua tim assessment.